Hukum Perkawinan dengan Wali Hakim
Hukum Perkawinan dengan Wali Hakim
Diskripsi
masalah:
Ada seorang wali nikah merantau yang
tidak diketahui khabar dan tempatnya kemudian putrinya dinikahkan oleh wali
lain ( wali hakim atau wali ab’ad ).
Pertanyaan:
a.
Sahkah perkawinan perempuan tersebut?
b.
Jika setelah selang beberapa tahun wali
nikah tersebut datang bagaimana hukum perkawinan di atas, masih berlangsungkah
atau rusak?
Jawaban:
a.
Hukum perkawinan tersebut sah, bila
menepati syarat-syarat sebagai berikut:
1.
Yang mengawinkan hakim, ketika walinya
belum diputuskan kematiannya oleh hakim, dan ia tidak menunjuk wakil untuk
mengawinkan putrinya.
2.
Yang mengawinkan wali ab’ad (yang lebih
jauh, seperti saudara atau pamannya) ketika walinya sudah diputuskan
kematiannya oleh hakim dan tidak menunjuk wakil.
3.
Yang mengawinkan wakilnya, jika wali tersebut
menunjuk wakil untuk mengawinkan putrinya.
b.
Hukum perkawinan tersebut tetap
berlangsung, jika sudah memenuhi syarat-syarat di atas (bag. A) kecuali jika
ternyata wali nikah tersebut merantau dalam jarak yang dekat (kurang dua
marhalah) pada waktu perkawinan anaknya. Jika demikian, maka perkawinan
tersebut harus difasakh (dirusak). Kemudian demi kelangsungannya harus diaqadi
lagi oleh wali nikah yang baru datang tadi.
1. As-Syarwani,
juz VII, hal. 259
2. Asnal
Matholib, juz III, hal. 134
وفى الشروانى
على التحفة، ج 7 ص 256، مانصه:
(ولو غاب
الاقرب إلى مرحلتين) او اكثر ولم يحكم بموته ولا وكل من يزوج موليته ان خطبت فى
غيبته (زوج السلطان) لا الابعد وان طالت غيبته وجهل محله وحياته لبقاء اهلية
الغائب والأصل بقاؤها والاولى ان يأذن للابعد او يستأذنه ليخرج من الخلاف (قوله
ولا يحكم بموته) والازوجها الابعد (قوله زوج السلطان) اى سلطان بلدها او نائبه
لاسلطان غير بلدها ولا الأبعد على الاصح وقيل يزوج الأبعد كالجنون (قوله وجهل الخ)
لا يخفى ما فى جعله غاية لما فى المتن اذ موضوع المسئلة الغيبة الى مرحلتين
المقتضية لعلم المحل عبارة المغنى والروض ويزوج القاضى ايضا عن المفقود الذى
لايعرف مكانه ولا موته ولا حياته لتعذر نكاحها من جهته فاشبه ما اذا عضل. اهـ
وفى صحيفة 260،
مانصه:
(تنبيه) وقع
لابن الرفة ان للحاكم عند غيبة الاب تزويج الصغيرة بناء على الضعيف انه يزوج
بالنيابة ورد بان الصواب ما فى الانوار وغيره انه لايزوجها. اهـ
وفى أسنى
المطالب، ج 3 ص 134، مانصه:
(فرع: يستحب
للقاضى عند غيبة الولى الاقرب) الغيبة المعتبرة (ان يأذن للابعد) ان يزوج (ان
يستأذنه) ليزوج (فان زوجت) فى غيبته (فبان الولى قريبا) من البلد عند العقد ولو
بقوله كما يؤخذ من كلام نقله الزركشى عن فتاو البغوى (لم ينعقد) نكاحها لان تزويج
الحاكم لايصح مع وجود الولى الخاص (قوله كما يؤخذ من كلام نقله الزركشى عن فتاوى
البغوى) عبارتها لو ان امرأة مجهولة النسب زوجها الحاكم ثم جاء رجل وقال انا أبوها
وكنت فى البلد قال النسب ثابت والنكاح مفسوخ لان تزويج الحاكم لايجوز عند وجود
الاب قال الغزى حمله على ما اذا اعترف بذلك الزوج والمرأة. اهـ
0 Response to "Hukum Perkawinan dengan Wali Hakim"
Post a Comment
Terimah Kasih Telah Berkunjung Ke blog yang sederhana ini, tinggalkan jejak anda di salah satu kolom komentar artikel blog ini! jangan memasang link aktif!