Dua Orang yang Beda Pendapat Tentang Penyembelihan
Dua Orang yang Beda Pendapat Tentang Penyembelihan
Deskripsi masalah:
Si A menyembelih ayam, dan setelah
ayam itu mati ternyata diketahui sebagian hulkumnya tidak terputus, karena
diketahui bahwa ayam yang tidak putus hulkumnya dianggap maytah (bangkai), maka
orang tersebut membuangnya. Hal itu diketahui si B, karena ia mengetahui ada
salah satu wajah yang memperbolehkan, maka ia minta ayam tersebut pada si A,
dengan taqlid (ikut) kepada yang memperbolehkan tadi.
Pertanyaan:
a. Bolehkah si B memakan daging yang
disembelih si A tadi?
b. Siapakah yang berpengaruh taqlidnya pada
hukum ayam tersebut, apakah si A sebagai atau si B?
c. Bolehkah si A menyerahkan ayam tersebut
pada B, sementara ia berkeyakian ayam tersebut bangkai?
(PP. M I S
Sarang)
Jawaban a:
Si B boleh makan ayam tersebut, dengan
mengikuti pendapat yang memperbolehkan. *)
Pengambilan ibarat:
1. Kifayatul Akhyar Juz II Hal. 223.
2. Bughyatul Mustarsyidin Hal. 09.
3. Tarsyihul Mustafidien Hal. 135.
1-وفى كفاية الاخيار
للإمام تقى الدين أبى بكر بن محمد الحسين
مانصه :
ولو ترك شيئا
يسيرا من الحلقوم او المرئ ومات الحيوان فهو ميتة وكذا لو انتهى الى حركة المذبوح
فقطع المتروك فهو ميتة وفى وجه ان اليسير لا يضر واختاره الرويانى والصحيح الاول
وقال الاصطخرى يكفى قطع الحلقوم او المرئ لأن الحياة تفقد بفقد أحدهما وهو ضعيف
.اهـ
2-وفى بغية
المسترشدين للسيد عبد الرحمن بن محمد بن حسين بن عمر مانصه :
{مسئلة ك} صرح
الأئمة بأنه لا يجوز تعاطى ما اختلف فيه ما لم يقلد القائل بحله بل نقل إبن حجر
وغيره الإتفاق عليه سواء كان الخلاف فى المذهب او غيره عبادة او غيرها ولو مع من
يرى حل ذلك .اهـ
3-وفى ترشيح
المسفيدين للعلامة الفاضل الأستاذ الكامل السيد علوى بن السيد احمد السقاف مانصه :
وقال السيد عمر
فى الحاشية نقلا عن فتاوى ابن زياد ان العامى إذا وافق فعله مذهب إمام يصح تقليده
صح فعله وان لم يقلده توسعة على عبادة الله تعالى وان قالوا ان قولهم فى الفروع
الإجتهادية لا يعاقب عليها مقيد بصورة العجز عن التعليم .اهـ
Jawaban b:
Sama-sama berpengaruh.
Pengambilan ibarat: Sama dengan jawaban a.
Jawaban c:
Si A tidak boleh memberikan ayam tersebut pada
si B.
Pengambilan ibarat:
1. I’anatut Tholibin Juz III Hal. 23.
2. Bughyatul Mustarsyidin Hal. 254.
1-وفى إعانة الطالبين
للعلامة أبى بكر السيد البكرى بن محمد شطا الدمياطى مانصه :
وهل يحرم نحو
الزبيب لحنفي يتخذه مسكرا كما هو قضية إطلاق العبارة اولا لأنه يعتقد حل النبيذ
بشرطه فيه نظر ويتجه الاول نظرا لاعتقاد البائع .
2-وفى هامش
بغية المسترشدين من فتاوى ابن زياد مانصه :
{مسئلة} لا
يجوز لمسلم ان يدفع ميتة لكافر يأكلها لأنه من جملة المعاصى المأمور بتركها وان
أقر عليها كشرب الخمر ونحوه .اهـ
*) Catatan: Atau tidak taqlid tapi mengikuti
pendapat "العامي لامذهب له" (orang bodoh tidak
mempunyai Madzhab).
Sumber:
Hasil Keputusan Musyawaroh Masail Diniyyah
Pondok Pesantren “ MUS “ Sarang Rembang. Tanggal 12-13 Nopember 1997 M / 1418 H
0 Response to "Dua Orang yang Beda Pendapat Tentang Penyembelihan"
Post a Comment
Terimah Kasih Telah Berkunjung Ke blog yang sederhana ini, tinggalkan jejak anda di salah satu kolom komentar artikel blog ini! jangan memasang link aktif!