Penggunaan Uang Oleh Kasir


Penggunaan Uang Oleh Kasir
Deskripsi masalah:
Si A menjadi kasir disebuah toko dan ia sering menggunakan uang toko tersebut untuk usaha sendiri dengan niat untuk mengembalikannya, karena sangat lincahnya si A, perbuatan itu tidak diketahui bosnya. Setelah usahanya maju (menjadi kaya) dia berkeinginan merealisasikan niatnya tadi tanpa sepengetahuan bosnya.

Pertanyaan:
a. Bagaimana hukum tindakan si A?
b. Berapakah uang yang harus dikembalikan?
c. Bebaskah si A dengan mengembalikan uang seperti diatas?
(PP. M I S Sarang)

Jawaban a:
Hukum tindakan si A adalah HARAM.

Pengambilan ibarat:
1. Sulam taufiq  Hal. 75 – 76.

1-وفى سلم التوفيق للعالم الفاضل والورع الكامل الشيخ محمد نووي ما نصه :
{والخيانة وهي ضد النصيحة فتشمل} الخيانة {الأفعال والأقوال والأحوال} – الى أن قال – وفرق العلماء بين الخائن والسارق والغاصب بأن الخائن هو الذى خان ما جعل عليه أمينا والسارق من أخذ خفية من موضع كان ممنوعا من الوصول اليه وربما قيل كل سارق خائن دون عكسه والغاصب من أخذ جهارا معتمدا على قوته اهـ.

Jawaban b:
Uang yang wajib dikembalikan adalah sesuai dengan yang diambil. Adapun laba usaha si A adalah miliknya, bila belinya Fidz dzimmah (dalam tanggungan) menurut Qoul Jadid.

Pengambilan ibarat:
1. I’anatut Tholibin Juz III  Hal. 137 – 138.
2. Al Majmu’ Juz XIV  Hal. 248.

1-وفى إعانة الطالبين للعلامة أبى بكر السيد البكرى بن محمد شطا الدمياطى ما نصه :
{وعلى الغاصب رد وضمان متمول تلف بأقصى قيمه من حين غصب الى تلف ويضمن} مثليّ {بمثله}.
{قوله وعلى الغاصب رد} أى للمغصوب فيما إذا بقي {ويضمن مثليّ} أى مغصوب مثليّ {قوله بمثله} أى يضمن المثليّ تلف بمثله اهـ.

2-وفى المجموع على شرح المهذب للإمام زكريا محى الدين بن شرف النووى  ما نصه :
{فصل} وإن غصب دراهم فاشترى سلعة فى الذمة ونقد الدراهم فى ثمنها وربح ففى الربح قولان . قال فى القديم : هو للمغصوب منه لأنه نماء ملكه فصار كالثمرة والولد فعلى هذا يضمنه الغاصب إذا تلف فى يده كالثمرة والولد وقال فى الجديد : هو للغاصب لأنه بدل ماله فكان له .

Jawaban c:
Tidak bebas (masih berdosa dan wajib dloman atau mengganti), kecuali apabila uang yang dikembalikan oleh si A sudah diserahkan pada bos atau diletakkan di berangkas dengan sepengetahuan / pemberitahuan pada bos.

Pengambilan ibarat:
1. Asy- Syarwani Juz VI  Hal. 9
2. Roudlutut Tholibin Juz IV  Hal. 154.

1-وفى الشروانى  للشيخ عبد الحميد الشرونى والإمام المحقق الشيخ احمد بن قاسم العبادى ما نصه :
ويكفى وضع العين بين يدى المالك بحيث يعلم ويتمكن من أخذها وكذا بدلها.

2-وفى روضة الطالبين للإمام أبى زكريا يحيى بن شرف النووى الدمشقي ما نصه :
الثامنة : إذا رد المغصوب الى المالك أو وكيله أو وليّه برئ . ولو رد الدابة الى اصطبله ، قال المتولى : برئ أيضا إذا علم المالك به أو أخبره من يعتمد خبره ، ولا يبرأ قبل العلم والإخبار . ولو امتنع المالك من الإسترداد رفع الأمر الى الحاكم .

Sumber:
Hasil Keputusan Musyawaroh Masail Diniyyah Pondok Pesantren “ MUS “ Sarang Rembang Tanggal 30-31 Oktober 1998 M./ 1419 H

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Sarana Belajar Hukum Islam dan Hukum Positif

0 Response to "Penggunaan Uang Oleh Kasir"

Post a Comment

Terimah Kasih Telah Berkunjung Ke blog yang sederhana ini, tinggalkan jejak anda di salah satu kolom komentar artikel blog ini! jangan memasang link aktif!