Shalat Tarawih Dengan Satu Salam
Shalat Tarawih Dengan Satu Salam - Dalam madzhab Syafi’i tidak dijumpai hukum yang menperbolehkan
shalat tarawih dua puluh rokaat dengan sekali salam, dan yang ada adalah hukum
yang memperbolehkan sholat witir tiga rokaat dengan sekali salam. Dalam kitab
fiqh madzhab Hanafi, Maliki dan Hanbali ada hukum yang membolehkan shalat
tarawih dua puluh rokaat dengan sekali salam dan shalat witir tiga rokaat
dengan sekali salam.
Namun perlu dicatat bahwa bagi
orang yang ingin mengikuti salah satu dari pendapat para imam madzhab tersebut
harus konsekwen, (seluruh persoalan yang berkaitan dengan sholat tersebut harus
mengikuti pendapat imam madzhab yang dipilihnya dan tidak boleh talfiq (dalam satu persoalan ibadah mengambil
pendapat beberapa imam madzhab yang sesuai selera).
Dasar Pengambilan Hukum:
1. Hasyiah al-Qulyubi, Juz I, Hlm, 212
(وَلِمَنْ زَادَ عَلَى رَكْعَةٍ الْفَصْلُ) بَيْنَ الرَّكَعَاتِ
بِالسَّلاَمِ فَيَنْوِيْ رَكْعَتَيْنِ مَثَلاً مِنَ الْوِتْرِ كَمَا قَالَهُ فِي
شَرْحِ الْمُهَذَّبِ (وَهُوَ أَفْضَلُ) مِنْ الْوَصْلِ اْلآَتِي لِزِيَادَتِهِ
عَلَيْهِ بِالسَّلاَمِ وَغَيْرِهِ (وَالْوَصْلُ بِتَشَهُّدٍ) فِي اْلآَخِرَةِ
(أَوْ تَشَهُّدَيْنِ فِي اْلآَخِرَتَيْنِ) قَالَ ابْنُ عُمَرَ: كَانَ النَّبِيُّ e يَفْصِلُ بَيْنَ الشَّفْعِ وَالْوَتْرِ بِتَسْلِيمٍ، رَوَاهُ ابْنُ
حِبَّانَ وَغَيْرُهُ، وَقَالَتْ عَائِشَةُ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ e يُوتِرُ بِخَمْسٍ لاَ يَجْلِسُ إلاَّ فِي آَخِرِهَا، وَقَالَتْ:
لَمَّا سُئِلَتْ عَنْ وَتْرِهِ e كَانَ يُصَلِّي تِسْعَ رَكَعَاتٍ لاَ يَجْلِسُ إلاَّ فِي
الثَّامِنَةِ وَلاَ يُسَلِّمُ، وَالتَّاسِعَةُ ثُمَّ يُسَلِّمُ، رَوَاهُمَا
مُسْلِمٌ.
"Bagi yang shalat witir
lebih dari satu rakaat boleh memisah antara rakaat-rakaatnya dengan salam. Jadi
dia niat shalat dua rakaat dari witir sebagaimana dikatakan al-Nawawi dalam
Syarh al-Muhadzdzab. Pemisahan seperti itu lebih utama daripada menyambung
(beberapa rakaat), karena di sana terdapat penambahan salam dan lainya. Dan
boleh juga seseorang menyambung (beberapa rakaat) dengan satu kali tasyahud di
akhir atau dua kali tasyahud di bagian akhir. Sahabat Ibn Umar berkata, bahwa
Nabi e memisah antara rakaat yang genap dan yang
ganjil dengan salam. (HR. Ibn Hibban dan lainnya). Aisyah berkata, bahwa
Rasulullah e shalat witir lima rakaat, beliau tidak duduk
kecuali di akhir shalat. Dan Aisyah juga mengatakan, bahwa ketika ia ditanya
mengenai shalat witir Rasulullah e, bahwa beliau shalat sembilan rakaat,
beliau tidak duduk kecuali pada rakaat kedelapan kemudian tidak salam, dan pada
rakaat kesembilan kemudian beliau salam. Kedua hadits ini diriwayatkan oleh
Muslim".
2. Al-Fiqh ‘Ala Madzahib
al-Arba’ah, Juz I, Hlm, 336-337
الْحَنَفِيَّةُ قَالُوْا:
وَاْلوِتْرُ وَاجِبٌ وَهُوَ ثَلَاثُ رَكَعَاتٍ بِتَسْلِيْمَةٍ وَاحِدَةٍ فِىْ
أَخِرِهَا. اْلحَنَابِلَةُ قَالُوْا: اِنَّ اْلوِتْرَ
سُنَّةٌ مُؤَكَّدَةٌ، وَاَقَلُّهُ رَكْعَةٌ. الى ان قال: وَاِنْ اَوْتَرَ
بِثَلاَثٍ اَتىَ بِرَكْعَتَيْنِ يَقْرَأُ فِى اُوْلاَهُمَا
سُوْرَةَ سَبِّحْ، وَفِى الثَّانِيَةِ سُوْرَةَ اْلكاَفِرُوْنَ ثُمَّ يُسَلِّمُ،
وَيَأْتِى بِالثَّالِثَةِ وَيَقْرَأُ فِيْهاَ سُوْرَةَ
اْلاِخْلاَصِ، وَيَتَشَهَّدُ وَيُسَلِّمُ وَلَهُ اَنْ يُصَلِّيَهَا بِتَشَهُّدٍ
وَاحِدٍ بِاَنْ يُسْرِدَ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ وَيَتَشَهَّدَ
وَيُسَلِّمَ. وَلَهُ اَنْ يُصَلِّيَهاَ بِتَشَهُّدَيْنِ وَسَلاَمٍ وَاحِدٍ
كَالْمَغْرِبِ.
“Ulama madzhab Hanafi
mengatakan, bahwa shalat witir adalah wajib, yaitu tiga rakaat dengan sekali
salam di akhir. Ulama madzhab Hanbali mengatakan … sampai ungkapan muallif …
dan apabila seseorang shalat witir tiga rakaat, lakukanlah dengan dua rakaat,
bacalah surat Sabbih (al-A’la) pada rakaat pertama dan surat al-Kafirun pada
rakaat kedua kemudian salam. Dan lakukan rakaat yang ketiga dan bacalah surat
al-Ikhlash, tassyahud dan salam. Dia juga boleh melakukan tiga rakaat dengan
sekali tasyahud dengan cara menyambungkan tiga rakaat langsung, tasyahud dan
salam. Dan juga boleh melakukan tiga rakaat dengan dua tasyahud dan sekali
salam seperti halnya shalat maghrib”
3. Al-Fiqh ‘Ala Madzahib
al-Arba’ah, Juz I, Hlm, 338-339
الشَّافِعِيَّةُ قَالُوْا: اْلوِتْرُ سُنَّةٌ
مُؤَكَّدَةٌ وَهُوَ أكَدُ السُّنَنِ وَاَقَلُّهُ رَكْعَةٌ...اِلَى اَنْ قَالَ:
وَيَجُوْزُ لمِنَ يُصَلِّى اْلوِتْرَ اَكْثَرَ مِنْ
رَكْعَةٍ وَاحِدَةٍ أَنْ يَفْعَلَهُ مَوْصُوْلاً بِاَنْ تَكُوْنَ الرَّكْعَةُ
اْلأَخِيْرَةُ مُتَّصِلَةً ِبمَا قَبْلَهَا اَوْ مَفْصُوْلاً بِأَنْ لاَ
تَكُوْنَ كَذَلِكَ اْلمَالِكِيَّةُ قَالُوْا: الْوِتْرُ سُنَّةٌ
مُؤَكَّدَةٌ بَلْ هُوَ أكَدُ السُّنَنِ بَعْدَ رَكْعَتَىِ الطَوَافِ... اِلَى اَنْ
قَالَ: ثُمَّ الْوِتْرُ وَهُوَ رَكْعَةٌ وَاحِدَةٌ،
وَوَصْلُهَا بِالشَفْعِ مَكْرُوْهٌ
“Ulama madzhab Syafii
mengatakan, shalat witir adalah sunat muakkad dan merupakan sekuat-kuatnya
shalat sunat, dan paling sedikitnya satu rakaat ….. sampai ungkapan muallif ….
Dan boleh bagi orang yang shalat witir lebih dari satu rakaat melakukannya
dengan disambung dengan cara menyambungkan rakaat akhir dengan rakaat
sebelumnya, atau dengan dipisahkan dengan cara yang sebaliknya di atas. Ulama
madzhab Malik mengatakan, shalat witir adalah sunat muakkad, bahkan
sekokoh-kokoh shalat sunat sesudah shalat dua rakaat thawaf … sampai ungkapan
muallif … kemudian shalat witir yaitu satu rakaat, dan menyambungkan satu
rakaat dengan rakaat genap sebelumnya adalah makruh”
4. Al-Fiqhu ‘Ala Madzahib
al-Arba’ah, Juz I, Hlm, 342-343
الْحَنَفِيَّةُ قَالُوْا: اِذَا صَلَّى اَرْبَعَ
رَكَعَاتٍ بِسَلاَمٍ وَاحِدٍ نَابَتْ عَنْ رَكْعَتَيْنِ اتِّفَاقاً وَاِذَا صَلَّى
اَكْثَرَ مِنْ اَرْبَعٍ بِسَلاَمٍ وَاحِدٍ اخْتُلِفَ
التَصْحِيْحُ فِيْهِ، فَقِيْلَ يَنُوْبُ عَنْ شَفْعٍ مِنَ التَرَاوِيْحِ وَقِيْلَ
يَفْسُدُ الْحَنَابِلَةُ قَالُوْا: تَصِحُّ مَعَ
اْلكَراَهَةِ وَتُحْسَبُ عِشْرِيْنَ رَكْعَةً الْمَالِكِيَّةُ قَالُوْا: تَصِحُّ وَتُحْسَبُ
عِشْرِيْنَ رَكْعَةً وَيَكُوْنُ تَارِكاً لِسُنَّةِ التَّشَهُّدِ وَالسَّلاَمِ
فِىْ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ وَذلِكَ مَكْرُوْهٌ الشَّافِعِيَّةُ قَالُوْا: لاَ تَصِحُّ اِلاَّ
اِذَا سَلَّمَ بَعْدَ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ فَاِذَا صَلاَّهاَ بِسَلاَمٍ وَاحِدٍ لمَ
ْتَصِحَّ. سَوَاءٌ قَعَدَ عَلىَ رَأْسِ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ
اَوْ لَمْ يَقْعُدْ فَلاَبُدَّ عِنْدَهُمْ مِنْ اَنْ يُصَلِّيَهَا رَكْعَتَيْنِ
رَكْعَتَيْنِ وَيُسَلِّمَ عَلىَ رَأْسِ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ.
“Ulama’ madzhab Hanafi
mengatakan, apabila seseorang shalat (tarawih) empat rakaat dengan sekali
salam, maka empat rakaat itu menduduki dua rakaat menurut kesepakatan ulama’.
Dan apabila shalat (tarawih) lebih empat rakaat dengan sekali salam, maka
diperselisihkan keabsahannya. Ada pendapat bahwa shalat itu menggantikan rakaat
genap dari tarawih, ada pendapat lagi bahwa shalat itu rusak. Ulama’ madzhab
Hanbali mengatakan bahwa shalat tersbut sah namun makruh dan terhitung dua
puluh rakaat. Ulama’madzhab Malik mengatakan bahwa shalat itu sah dan terhitung
dua puluh rakaat dan berarti mushalli meninggalkan kesunatan tasyahud dan salam
dalam setiap dua rakaat dan hukumnya makruh. Ulama’ madzhab Syafi’i mengatakan
bahwa shalat itu tidak sah, kecuali melakukan sesudah tiap-tiap dua rakaat.
Jadi apabila melakukannya dengan satu kali salam tidak sah, baik mushalli duduk
pada setiap dua rakaat atau tidak. Jadi menurut ulama’ madzhab Syafi’i shalat
tarawih harus dua rakaat dua rakaat dan salam pada setiap dua rakaat”
5. Tabyin al-Haqaiq Kanz
al-Daqaiq, Juz I, Hlm, 170
قَالَ رَحِمَهُ اللهُ (وَهُوَ
ثَلاَثُ رَكَعَاتٍ بِتَسْلِيْمَةٍ) وَقَالَ الشَّافِعِيُّ إنْ شَاءَ أَوْتَرَ
بِوَاحِدَةٍ وَإِنْ شَاءَ بِثَلاَثٍ وَإِنْ شَاءَ بِخَمْسٍ إلَى إحْدَى عَشْرَةَ
أَوْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ لِقَوْلِهِ عَلَيْهِ الصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ مَنْ شَاءَ
أَوْتَرَ بِرَكْعَةٍ وَمَنْ شَاءَ أَوْتَرَ بِثَلاَثٍ، الْحَدِيْثَ، وَعَنْ أُمِّ
سَلَمَةَ أَنَّهُ عَلَيْهِ الصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ كَانَ يُوْتِرُ بِسَبْعٍ أَوْ
بِخَمْسٍ لاَ يَفْصِلُ بَيْنَهُنَّ بِتَسْلِيْمَةٍ
“Abu Hanifah RH berkata, shalat
witir adalah tiga rakaat dengan sekali salam. Al-Syafi’i mengatakan bahwa jika
seseorang menginginkan witirlah dengan satu rakaat dan ia mengehendaki
shalatlah dengan tiga rakaat dan jika ia menghendaki shalatlah dngan lima
rakaat sampai sebelas rakaat atau tiga belas rakaat. Karena adanya sabda Nabi
SAW “barang siapa menginginkan, witirlah dengan satu rakaat dan ia mengehendaki
shalatlah dengan tiga rakaat”, al-hadits. Dan hadits dari Umi Salamah bahwa
“Nabi SAW melakukan shalat witir dengan tujuh atau lima rakaat tanpa memisah
diantaranya dengan salam”
6. Tabyinu al-Haqaiq Kanzu
al-Daqaiq, Juz I, Hlm, 179
(قَوْلُهُ وَالسَّادِسُ فِي الْجِلْسَةِ بَيْنَ كُلِّ
تَرْوِيْحَتَيْنِ إلَى آَخِرِهِ) قَالَ فِي الْبَدَائِعِ وَمِنْ سُنَنِهَا أَنْ
يُصَلِّيَ كُلَّ رَكْعَتَيْنِ بِتَسْلِيمَةٍ عَلَى حِدَةٍ وَلَوْ صَلَّى
تَرْوِيحَةً بِتَسْلِيمَةٍ وَاحِدَةٍ وَقَعَدَ فِي الثَّانِيَةِ قَدْرَ
التَّشَهُّدِ لاَ شَكَّ أَنَّهُ يَجُوْزُ عَلَى أَصْلِ عُلَمَائِنَا أَنَّ
صَلَوَاتٍ كَثِيْرَةً تَتَأَدَّى بِتَحْرِيْمَةٍ وَاحِدَةٍ بِنَاءً عَلَى أَنَّ
التَّحْرِيْمَةَ شَرْطٌ وَلَيْسَتْ بِرُكْنٍ خِلاَفًا لِلشَّافِعِيِّ لَكِنْ
اخْتَلَفَ الْمَشَايِخُ هَلْ يَجُوْزُ عَنْ تَسْلِيْمَتَيْنِ أَوْ لاَ يَجُوْزُ
إلاَّ عَنْ تَسْلِيْمَةٍ وَاحِدَةٍ؛ ِلأَنَّهُ خَالَفَ السُّنَّةَ
الْمُتَوَارَثَةَ بِتَرْكِ التَّسْلِيْمَةِ وَالتَّحْرِيْمَةِ وَالثَّنَاءِ
وَالتَّعَوُّذِ وَالتَّسْمِيَةِ فَلاَ يَجُوْزُ إلاَّ عَنْ تَسْلِيْمَةٍ وَاحِدَةٍ
وَقَالَ عَامَّتُهُمْ إنَّهُ يَجُوْزُ وَهُوَ الصَّحِيْحُ وَعَلَى هَذَا لَوْ
صَلَّى التَّرَاوِيْحَ كُلَّهَا بِتَسْلِيْمَةٍ وَاحِدَةٍ وَقَعَدَ فِي كُلِّ
رَكْعَتَيْنِ أَنَّ الصَّحِيْحَ أَنَّهُ يَجُوْزُ عَنِ الْكُلِّ؛ ِلأَنَّهُ قَدْ
أَتَى بِجَمِيْعِ أَرْكَانِ الصَّلاَةِ وَشَرَائِطِهَا؛ ِلأَنَّ تَجْدِيْدَ
التَّحْرِيْمَةِ لِكُلِّ رَكْعَتَيْنِ لَيْسَ بِشَرْطٍ عِنْدَنَا هَذَا إذَا
قَعَدَ عَلَى رَأْسِ الرَّكْعَتَيْنِ قَدْرَ التَّشَهُّدِ فَأَمَّا إذَا لَمْ
يَقْعُدْ فَسَدَتْ صَلاَتُهُ عِنْدَ مُحَمَّدٍ وَعِنْدَ أَبِيْ حَنِيْفَةَ
وَأَبِيْ يُوْسُفَ يَجُوْزُ ثُمَّ إذَا جَازَ عِنْدَهُمَا هَلْ يَجُوْزُ عَنْ
تَسْلِيْمَتَيْنِ أَوْ لاَ يَجُوْزُ إلاَّ عَنْ تَسْلِيْمَةٍ وَاحِدَةٍ
وَاْلأَصَحُّ أَنَّهُ لاَ يَجُوْزُ إلاَّ عَنْ تَسْلِيْمَةٍ وَاحِدَةٍ
“(Ungkapan mushannif “yang
keenam tentang duduk antara setiap dua tarwih dan seterusnya”). Al-Kasani
mengatakan dalam al-Badai’, bahwa diantara kesunatan tarawih adalah melakukan
tarawih setiap dua rakaat dengan satu kali salam secara sama. Apabila seseorang
shalat tarawih dengan sekali salam dan pada rakaat kedua ia duduk sekadar
tasyahud, maka tidak ragu lagi hal itu adalah boleh atas dasar yang diyakini
ulama kita bahwa beberapa shalat dapat dilakukan dengan sekali takbiratul ihram
atas bahwa takbiratul ihram adalah syarat bukan rukun berbeda dengan
al-Syafi’i. Tetapi para masyayikh berselisih pendapat, apakah boleh dengan dua
kali salam atau tidak boleh kecuali dengan sekali salam. Kebanyakan masyayikh
mengatakan boleh dan ini yang shahih. Atas dasar ini, apabila seseorang shalat
tarawih keseluruhannya dengan sekali salam dan duduk pada setiap dua rakaat
bahwa yang shahih adalah boleh, karena ia telah melakukan seluruh rukun-rukun
shalat dan syarat-syaratnya, sebab membatasi takbiratul ihram untuk setiap dua
rakaat bukanlah syarat menurut kita (ulama’Hanafiyah). Ini jika memang
seseorang duduk pada setiap dua rakaat seukuran tasyahud. Maka apabila ia tidak
duduk rusaklah shalatnya menurut Muhammad. Menurut Abu Hanifah dan Abu Yusuf
adalah boleh. Kemudian ketika telah boleh menurut dua ulama’ini, apakah boleh
melakukannya dengan dua salam atau harus dengan sekali salam. Menurut pendapat
ashah bahwa tidak boleh kecuali dengan sekali salam”
0 Response to "Shalat Tarawih Dengan Satu Salam"
Post a Comment
Terimah Kasih Telah Berkunjung Ke blog yang sederhana ini, tinggalkan jejak anda di salah satu kolom komentar artikel blog ini! jangan memasang link aktif!