Pembagian Zakat Memakai Formulir dan Batas Waktu

Pembagian Zakat Memakai Formulir dan Batas Waktu
Pembagian Zakat Memakai Formulir dan Batas Waktu

Diskripsi masalah:
Ada panitia zakat dalam cara pembagiannya memakai formulir dan batas waktu. Artinya: apabila pengambilan zakat itu sudah lewat waktu yang telah ditentukan panitia, maka harta zakat tidak dapat diambil, dan oleh panitia dijadikan dana untuk pembangunan masjid.

Pertanyaan:
Apakah sistem seperti itu (memberi batas waktu) sudah cukup sebagai daf’uz zakat?

Jawaban:
Pembagian zakat oleh panitia dengan formulir kepada mustahiq, apabila ternyata harta zakat tidak diambil oleh mustahiq karena sudah lewat batas waktu yang telah ditentukan panitia, maka pembagian zakat tersebut belum cukup sebagai dafuz zakat.

Apapun si pemilik sudah bebas dari tanggungan zakat menyerahkan zakat kepada  panitia, bilamana panitia tersebut terdiri dari imam atau na’ibul imam.

Pengambilan ibarat:
1. I'anatut Tholibin, juz III, hal. 175 & juz II, hal. 185
2. Fathul Jawad, juz I, hal. 273

وفى إعانة الطالبين، ج 2 ص 175، مانصه:
(ويجب أداؤها) أى الزكاة والمراد بالأداء دفع الزكاة لمستحقها. اهـ

وفى فتح الجواد، ج 1 ص 273، مانصه:
فان قلت: قد الحق فى المجموع الفطرة بالظاهرة فى ان دفعها ولو للجائر أفضل فما سببه؟ قلت سببه ما فيه من المصلحة العائدة على الدافع من براءة ذمته يقينا بدفعها له وان علم صرفه لها فى نحو شرب خمر كما قاله القفال. اهـ

وفى إعانة الطالبين، ج 2 ص 185، مانصه:
ولو دفعها المزكى للإمام بلا نية ولا إذن منه له فيها لم تجزئ نية الإمام (قوله للإمام) ومثل الإمام نائبه كالساعى (قوله ولا إذن منه) أى من المزكى له أى الإمام فيها اى النية قال سم: مفهومه الاجزاء إذا اذن له فى النية ونوى وحينئذ فيحتمل انه وكيل المالك فى الدفع إلى المستحق فلا يبرأ المالك قبل الدفع للمستحق إذ لايظهر صحة كونه نائب المالك ونائب المستحق أيضا حتى يصح قبضه ويحتمل خلافه. اهـ

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Sarana Belajar Hukum Islam dan Hukum Positif

0 Response to "Pembagian Zakat Memakai Formulir dan Batas Waktu"

Post a Comment

Terimah Kasih Telah Berkunjung Ke blog yang sederhana ini, tinggalkan jejak anda di salah satu kolom komentar artikel blog ini! jangan memasang link aktif!