Janin di dalam Kandungan Menghilang

Janin di dalam Kandungan Menghilang
Janin di dalam Kandungan Menghilang
Deskripsi masalah:
Ada  seorang perempuan hamil kira-kira 4 (empat) bulan, kemudian kandungannya hilang tanpa bekas. Tak lama kemudian dia mengeluarkan darah.

Pertanyaan:
a. Darah apakah yg keluar setelah hilangnya kandungan tersebut ?
b. Kalau orang perempuan itu sedang melaksanakan masa penantian bagi orang yang hamil (Iddatul hamli), selesaikah Iddahnya dengan hilangnya kandungan tersebut ?
(PP. Al  Is’af Sumenep)

Jawaban a:
Darah tersebut adalah darah haid, apabila memenuhi syarat yaitu darah yang keluar pada umur sembilan tahun ke atas dalam keadaan sehat dan tidak di sebabkan melahirkan. Jika tidak memenuhi syarat haid tersebut, maka termasuk darah penyakit (Dam Fasad).

Pengambilan ibarat:
1. Bughyatul Mustarsyidin Hal 32.
2. Kifayatul Akhyar  Juz  II  Hal  74
3. Hamisy  Al Bajuri  Juz I  Hal  107- 109.
4. I’anatut Tholibin Juz. I Hal. 74

1-وفى بغية المسترشدين للسيد عبد الرحمن بن محمد بن حسين بن عمر مانصه :
أما مايخرج لا بسبب الولادة فحيض بشرطه . اهـ

2-وفى كفاية الأخيار للإمام تقي الدين أبى بكر بن محمد الحسين  مانصه :
وأما دم النفاس فهو الخارج عقب ولادة ما تنقض به العدة سواء وضعته حيا او ميتا كاملا كان او ناقصا وكذا لو وضعته علقة او مضغة جزم به فى الروضة . اهـ

3-وفى هامش الباجوري للشيخ أبى عبد الله محمد بن قاسم الشافعى مانصه :
ويخرج من الفرج ثلاثة دماء دم الحيض والنفاس والإستحاضة . فالحيض هو الدم الخارج فى سن الحيض وهو تسع سنين فأكثر من فرج المرأة على سبيل الصحة أي لا لعلة بل للجبلة من غير سبب الولادة -الى أن قال- والإستحاضة اي دمها وهو الدم الخارج من الفرج فى غير أيام الحيض والنفاس لا على سبيل الصحة .

4-وفى إعانة الطالبين للعلامة أبى بكر السيد البكرى بن محمد شطا الدمياطى مانصه :
وحاصل ذلك ان الإستحاضة هي الدم الخارج فى غير اوقات الحيض والنفاس بأن خرج قبل تسع سنين او بعدها ونقص عن قدر يوم وليلة وبأن زاد على خمسة عشر يوما بليالها او أتى قبل تمام أقل الطهر او مع الطلق ولم يتصل بحيض قبله وهي حدث دائم فلا تمنع شيئا مما يمتنع بالحيض من نحو صلاة ووطء ولو مع جريان الدم . اهـ

Jawaban b:
Iddahnya orang tersebut belum selesai dengan hilangnya kandungan tapi selesai dengan Iddah sucian atau bulan.

Pengambilan ibarat:
1. Al Majmu’  Juz 18 Hal 146.

1-وفى المجموع للإمام زكريا محى الدين بن شرف النووى  مانصه :
فإذا رأت المعتدة امارات الحمل من حركة او نفخة او نحوهما وشكت هل هو حمل أم لا ؟ فإذا حدثت الريبة قبل انقضاء عدتها فإنما تبقى فى حكم الإعتداد حتى تزول الريبة فإن بان حملا انقضت عدتها بوضعه فإن زالت وبان أنه ليس بحمل تبينا ان عدتها إنقضت بالقروء او الشهور . اهـ

Sumber:
Hasil keputusan musyawaroh masail diniyyah pondok pesantren “MUS” Sarang Rembang. Sabtu, 1-2 Desember 1995 M/1416 H.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Related Posts :

  • Adzan dan Iqamah Saat Bayi Lahir Adzan dan Iqamah Saat Bayi Lahir - Anak adalah titipan Ilahi. Anak merupakan amanah yang harus dijaga dengan baik. Dalam upaya itulah se… ...
  • Hukum PDKT Lewat Facebook atau HP Hukum PDKT Lewat Facebook atau HP - Salah satu hasil Bahtsul Masail Diniyyah atau pembahasan masalah keagamaan oleh Forum Musyawarah P… ...
  • Hukum Bicara Ketika Berwudhu Hukum Bicara Ketika Berwudhu - Memang dalam kenyataan sehari-hari, kita sering menjumpai orang yang berwudhu sambil berbincang. Bahkan a… ...
  • Hukum Tidur di Dalam Masjid Hukum Tidur di Dalam Masjid - Sebagai seorang muslim, masjid adalah tempat yang sering kita datangi. Belakangan ini, aturan ‘Dilarang Ti… ...
  • Shalat dengan Luka Berdarah Shalat dengan Luka Berdarah - Keabsahan shalat bergantung pada terpenuhinya beberapa persyaratan. Satu di antaranya suci dari najis, bai… ...

Sarana Belajar Hukum Islam dan Hukum Positif

0 Response to "Janin di dalam Kandungan Menghilang"

Post a Comment

Terimah Kasih Telah Berkunjung Ke blog yang sederhana ini, tinggalkan jejak anda di salah satu kolom komentar artikel blog ini! jangan memasang link aktif!