Bendahara Meminjamkan Uang atau Mengembangkannya
Bendahara
Meminjamkan Uang atau Mengembangkannya
Diskripsi masalah:
Sudah sering terjadi, bendahara meminjamkan
uang kas kepada orang lain atau pada diri sendiri. Setidak-tidaknya menukar
uang (receh) dengan uang yang besar. Dan ini terjadi pula pada panitia masjid
atau nadhirnya.
Pertanyaan:
a.
Bagaimana
hukum perbuatan itu semua, baik masjid atau lainnya?
b.
Milik
siapakah laba uang tersebut, apabila telah diperdagangkan oleh peminjam?
Jawaban:
a. Meminjamkan uang kas organisasi kepada orang
lain hukumnya Boleh, kalau ada maslahah yang kembali pada organisasi dan ada
izin dari ketua. Kalau meminjam kan
kepada dirinya sendiri, maka hukumnya ada khilaf:
-
Menurut
jumhurul ulama Tidak Boleh, karena ada ittihadul qobidl wal maqbudl.
-
Menurut
imam Qoffal Boleh, walaupun terjadi ittihadul qobidl wal maqbudl.
Adapun meminjamkan uang masjid yang terjadi
dari ghullatul waqfi (hasil waqof) maka hukumnya Boleh dengan syarat:
1.
Perginya
mustahiqqin.
2.
Menghawatirkan
tersia-sia (rusak) nya hasil waqof tersebut.
3.
Orang
yang hutang harus mampu dan dapat dipercaya.
b. Bila uang tersebut diperdagangkan dan
mendapatkan laba, maka laba tersebut milik muqtaridl (orang yang hutang) kalau
qordl (utang-piutang) nya sah. Kalau qordl-nya tidak sah, maka hukumnya
sebagaimana bai’ fudluli (yakni jual belinya tidak sah, dan
barang-baranya yang dibeli harus dikembalikan kepada si penjual).
1.
Al-Adabun
Nabawi, hal. 96
2.
Al-Asybah
wan Nadho`ir, hal. 83
3.
Al-Fatawi
al-Kubro, juz III, hal. 265
4.
I’anatut
Tholibin, juz II, hal. 183
5.
Hamisyul
I’anah, juz III, hal. 51
6.
As-Syarqowi,
juz II, hal. 21
وفى الادب النبوى، ص 96، مانصه:
أولى الامرهم الذين وكل اليهم القيام بالشؤون العامة والمصالح المهمة
فيدخل فيهم كل من ولى أمرا من امور المسلمين من ملك ووزير ورئيس ومدير ومأمور
وعمدة وقاض ونائب وضابط وجندى. اهـ
وفى الاشباة والنظائر، ص 83، مانصه:
تصرف الامام على الرعية منوط بالمصلحة، هذه القاعدة نص عليها الشافعى
وقال منزلة الامام من الرعية منزلة الولى اليتيم. اهـ
وفى الفتاوى الكبرى، ج 3 ص 265، مانصه:
وسئل هل للنّاظر اقراض غلة الوقف والاقتراض لعمارته فأجاب بقوله لايجوز
اقراض ذلك الا ان غاب المستحقون وخشى تلف الغلة او ضياعها فيقرضها لمليئ ثقة وله
الاقتراض لعمارة الوقف بإذن الحاكم. اهـ
وفى إعانة الطالبين، ج 2 ص 183، مانصه:
وقال القفال لو قال لغيره اقرضنى خمسة وادها عن زكاتى ففعل صح قال
شيخنا وهو مبنى على رأيه بجواز اتحاد القابض والمقبض.
(قوله بجواز اتحاد القابض والمقبض) اى بجواز ان يكون القابض والمقبض
واحدا كما هنا. -إلى قوله- والجمهور على منعه.اهـ
وفى هامش إعانة الطالبين، ج 3 ص 51، مانصه:
(وملك مقترض) بقبض بإذن مقرض وان لم يتصرف فيه كالموهوب.
وفى الشرقاوى، ج 2 ص 21، مانصه:
(قوله كبيع الفضولى) هو من ليس مالكا ولا وليا ولا وكيلا فلا يصح بيعه
وان اجازه المالك وكذا سائر تصرفاته. اهـ
0 Response to "Bendahara Meminjamkan Uang atau Mengembangkannya"
Post a Comment
Terimah Kasih Telah Berkunjung Ke blog yang sederhana ini, tinggalkan jejak anda di salah satu kolom komentar artikel blog ini! jangan memasang link aktif!