Perselihan antara Suami Muslim dan Istri Non Muslim
Perselihan antara Suami Muslim dan Istri Non
Muslim
Deskripsi masalah:
Ada suatu
perkawinan yang terjadi antara suami muslim dengan istri yang asalnya
non muslimah. Beberapa tahun kemudian mereka dikaruniai seorang putra. Karena
ada cekcok diantara mereka, maka terjadilah furqoh (cerai), kemudian sang istri
kembali lagi ke agama semula dan bersikeras untuk memboyong anaknya yang masih
balita tersebut. Namun si suami mempertahankannya, hingga masalah ini sampai ke
pengadilan.
Pertanyaan:
a. Dengan kejadian diatas, siapakah sebenarnya yang berhak mengasuh/merawat anak tersebut menurut
pandangan Islam?
b. Seandainya pengadilan memenangkan pihak istri, apakah yang harus di tempuh oleh sang suami?
c. Wajibkah bagi orang lain yang di mintai
pertolongan oleh suami, untuk menolongnya? (karena suami khawatir anaknya ikut
agama ibunya).
(Fatchul Mu’in
PP. MUS)
Jawaban a:
Yang berhak merawat/mengasuh anak
tersebut adalah Ummahatul Um (Ibu/nenek-neneknya istri) apabila memenuhi syarat
dan tidak menolak. Jika tidak memenuhi syarat atau memenuhi syarat
Hadlonah namun ia menolak, maka yang
berhak adalah ayah anak tersebut (suami), termasuk syarat keluarga yang
mengasuh harus beragama Islam.
Pengambilan ibarat:
1. Asy-Sarqowy Juz. II Hal. 353.
2. Al-Bajury Juz. II Hal. 197-198.
3. Bujairomi Alal Khothib Juz. IV
Hal. 89
4. Al Iqna’ Hal.159.
1-وفى الشرقاوي لشيخ الإسلام زكريا الأنصارى مانصه :
تقدم فيها الأم
وان علت إذا كانت أهلا لها على الأب وان علا لوفور شفقتها إلى ان يميز الولد
.{قوله إذا كانت أهلا لها} أي بأن اجتمع فيها شروط الحضانة وهي تسعة البلوغ والعقل
والحرية الكاملة والعدالة والإقامة – إلى ان قال – والإسلام فى مسلم . اهـ
2-وفى الباجوري
للشيخ ابرهيم الباجورى مانصه :
والثالث الدين فلا حضانة لكافرة على مسلم .
{قوله فلا حضانة لكافرة على مسلم} وإنما لم يكن للكافر حضانة على المسلم لأنه لا
ولاية له عليه . اهـ
3-وفى البجيرمى
على الخطيب للشيخ سليمان البجيرمى مانصه :
{وإذا فارق الرجل زوجته} بطلاق او فسخ او لعان
{وله منها ولد} لا يميز ذكرا كان او أنثى او خنثى فهى احق بحضانته لوفور شفقتها ثم
بعد الأم أمهات لها وارثات وإن علت الأم تقدم القربى فالقربى فأمهات اب كذلك {قوله
لوفورشفقتها }اي تمامها -الى ان قال- فان امنتعت الأم منها لم تجبر عليها وانتقلت
لأمهاتها . {ثم بعد الأم أمهات لها}-الى ان قال – ثم أعلم ان المستحق للحضانة ان
تمحض إناثا قدمت الأم فأمهاتها الى آخرما تقدم وان تمحض ذكورا ثبتت الحضانة لكل
قريب ولو غير محرم كابن العم . اهـ
4-وفى الإقناع
للشيخ عبد الرحمن الشربينى ما نصه :
وثالثها الدين
أى الإسلام فلا حضانة لكافر على مسلم إذ لا ولاية له عليه ولأنه ربما فتنه فى دينه
فيحضنه أقاربه المسلمون على الترتيب المار فإن لم يوجد منهم حضنه المسلمون ومؤنته
فى ماله فإن لم يكن له مال فعلى من تلزمه نفقته فإن لم يكن فهو من محاويج المسلمين
وينـزع ندبا من الأقارب الذميين ولد ذمي وصف الإسلام .اهـ
Jawaban b:
Sikap yang harus ditempuh oleh
suami adalah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelamatkan anaknya dari
asuhan ibu tersebut.
Pengambilan ibarat:
1. Al-Muhadzab Juz. II Hal. 169
1-وفى
المهذب للشيخ الإمام الزاهد الموفق أبى اسحق ابراهيم بن على بن يوسف الشيرازى
مانصه :
وقال
أبو سعيد الاصطخري ثبتت للكافر على المسلم لما روى عبد الحميد بن سلمة عن أبيه
-الى ان قال- والمذهب الأول لان الحضانة جعلت لحظ الولد ولا حظ للولد المسلم فى
حضانة الكافر لأنه يفتنه عن دينه وذلك من أعظم الضرر
Jawaban c:
Wajib menolong dengan syarat
nantinya tidak terjadi hal-hal yang merugikan kedua belah pihak.
Pengambilan ibarat:
1. Bughyatul Mustarsyidin Hal. 251
2. Al-Mahally Juz. IV Hal. 214
3. Ithafus Sadah Juz. II Hal. 273
1-وفى بغية المسترشدين
للسيد عبد الرحمن بن محمد بن حسين بن عمر مانصه :
{مسئلة ج} ونحوه أي الأمر بالمعروف والنهي عن
المنكر قطب الدين فمن قام به من أي المسلمين وجب على غيره إعانته ونصرته ولا يجوز
لأحد التقاعد عن ذلك والتغافل عنه وإن علم أنه لا يفيد . اهـ
2-وفى المحلى
للعلامة الشيخ جلال الدين المحلى مانصه :
وشرط وجوب
الأمر سلامة العاقبة ولو فى العرض وعدم جراءة الفاعل وارتكابه بأقوام ما انكر عليه
فيه ونحو ذلك وللمحتسب الإنكار على فاعل المكروه وتارك المندوب من الشعائر الظاهرة
. اهـ
3-وفى إتحاف
السادة المتقين للعلامة السيد محمد الحسين الزبيدى مانصه :
ومنها ان يشفع
لكل من له حاجة من المسلمين إلى من له عنده منـزلة ويسعى فى قضاء حاجته بما يقدر
عليه . اهـ
Sumber:
Hasil keputusan musyawaroh masail diniyyah
pondok pesantren “MUS” Sarang Rembang. Sabtu, 1-2 Desember 1995 M/1416 H
0 Response to "Perselihan antara Suami Muslim dan Istri Non Muslim"
Post a Comment
Terimah Kasih Telah Berkunjung Ke blog yang sederhana ini, tinggalkan jejak anda di salah satu kolom komentar artikel blog ini! jangan memasang link aktif!