Imam A’dhom dan Kaitannya dengan ‘Amil

Imam A’dhom dan Kaitannya dengan ‘Amil

Imam A’dhom dan Kaitannya dengan ‘Amil

Deskripsi masalah:
Yang dinamakan ‘Amil adalah seseorang yang ditugaskan oleh Imam untuk mengurusi zakat. Pada saat ini dimana sistem pemerintahan sudah tidak seperti dahulu lagi rasanya sulit kita mengatakan seseorang bisa disebut ‘Amil tanpa terlebih dahulu kita mengetahui kontektualisasi kata : العامل من استعمله الإمام

Pertanyaan:
a. Adakah seorang pemimpin negara bisa disebut Imamul A’dhom?
b. Siapa sajakah yang bisa masuk dalam Al Imam dalam ta’bir diatas untuk saat ini?
(PP Lirboyo Kediri)

Jawaban  a:
Bisa apabila memenuhi syarat sebagai berikut:
1. Muslim
2. Merdeka
3. Mukalaf
4. ‘Adil
5. Laki-laki
6. Mujtahid.
7. Memiliki kemampuan berpendapat, pendengaran, penglihatan dan juga bisa berbicara. Bila tidak menetapi syarat-syarat diatas dan dia berkuasa dengan kekuatan maka pemimpin negara yang seperti ini di sebut Mutawallin Bisy-Syaukah (penguasa dengan kekuatan) dan dia mempunyai kedudukan dan kewenangan seperti Imam A’dhom.

Pengambilan ibarat:
1. Bughyatul Mustarsyidin Hal. 247.
2. Sulaiman Jamal Juz V Hal. 119.

1-وفى بغية المسترشدين للسيد عبد الرحمن بن محمد بن حسين بن عمر  ما نصه :
{مسألة ك} تنعقد الإمامة اما ببيعة أهل الحل والعقد من العلماء والرؤساء ووجوه الناس الذين يتيسر اجتماعهم او باستخلاف امام قبله او باستيلاء ذى الشوكة وان اختلت فيه الشروط كلها فحينئذ من اجتمعت فيه الشروط التى ذكروها فى الإمام الأعظم فهو امام أعظم والا فهو متول بالشوكة فله حكم الإمام الأعظم فى عدم انعزاله بالفسق اهـ

2-وفى سليمان الجمل للشيخ سليمان الجمل ما نصه :
شرط الإمام كونه أهلا للقضاء بأن يكون مسلما حرا مكلفا عدلا ذكرا مجتهدا ذا رأي وسمع وبصر ونطق لما يأتى فى باب القضاء وفى عبارتى زيادة العدل . {قوله مجتهدا} شمل قوله مجتهدا المجتهد المطلق ومجتهد المذهب ومجتهد الفتوى اهـ .

Jawaban b:
Orang-orang yang memegang kekuasaan pemerintahan apapun namanya (Raja, Preseiden, Amir, Sultan) yang melalui salah satu tiga cara:

Di angkat oleh DPR, MPR { أهل الحل والعقد } .
1. Di tunjuk oleh Kepala negara sebelumnya.
2. Lewat kudeta dengan kekuatan.
3. Dan pengangkatan Amil itu harus lewat Imam langsung atau bawahannya.

Pengambilan ibarat:
1. Al Jihad Fil Islam Hal.148.
2. Fiqhus Sunnah Hal. 327.
3. Ahkamus Sulthoniyyah Hal. 30.

1-وفى الجهاد فى الإسلام للشيخ الدكتور محمد رمضان البوطى ما نصه :
من المراد بالحاكم هنا ؟
المراد هنا بالحاكم او الملك او رئيس الدولة من استقر بيده الحكم بواحدة من طرق ثلاثة وهو مسلم لم يلتبس بايّ كفر صريح :
 1-البيعة المباشرة له من أهل الحل والعقد وفى حكمها البيعة غير المباشرة المعمول بها فى كثير من البلاد .
2-العهد اليه وهو أن يقترحه الخليفة من قبله ليتولى الحكم بعد موته، فيقبل المستخلف بذلك، وتعلم الأمة او أهل الحل والعقد فيها بذلك، فلا يبدو منهم ايّ تأب او استنكار .
3-الإستيلاء بالقوة او المغالبة، شريطة أن يكون استيلاؤه بعد موت الإمام او الحاكم الذى كان قبله، او بعد عزله بسبب شرعيّ صحيح او أن تكون إمامته هو الآخر بالقوة والمغالبة .  

2-وفى فقه السنة للسيد سابق ما نصه :
العاملون على الزكاة وهم الذين يوليهم الامام او نائبه العمل على جمعها من الأغنياء .

3-وفىالأحكام السلطانية للإمام الماوردى ما نصه :
واذا قلد الخليفة أميرا على اقليم او بلد كانت امارته على ضربين عامة وخاصة . فأما العامة فعلى ضربين امارة استكفاء بعقد عن اختيار وامارة استيلاء بعقد عن اضطرار فامارة استكفاء التى تنعقد عن اختياره فتشمل على عمل محدود ونظر معهود، والتقليد فيها ان يفوض اليه الخليفة امارة بلد او اقليم ولاية على جميع أهله ونظر في المعهود من سائر اعماله فيصير عام النظر فيما كان محدودا من عمل ومعهودا من نظر فيشتمل نظره فيه على سبعة امور – الى ان قال- والثالث جباية الخراج وقبض الصدقات وتقليد العمال فيهما وتغريق ما استحق منها. اهـ

Sumber:
Hasil Keputusan Musyawaroh Masail Diniyyah Pondok Pesantren “ MUS “ Sarang Rembang. Tanggal 22-23 Oktober 1999 M / 1420 H

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Sarana Belajar Hukum Islam dan Hukum Positif

0 Response to "Imam A’dhom dan Kaitannya dengan ‘Amil"

Post a Comment

Terimah Kasih Telah Berkunjung Ke blog yang sederhana ini, tinggalkan jejak anda di salah satu kolom komentar artikel blog ini! jangan memasang link aktif!