Dr. Wahbah Az-Zuhaili: Penyebab Terjadinya Perbedaan Pendapat di Kalangan Fuqaha


Dr. Wahbah Az-Zuhaili: Penyebab Terjadinya Perbedaan Pendapat di Kalangan Fuqaha
Dr. Wahbah Az-Zuhaili menjelaskan bahwa perbedaan pendapat (ikhtilaf) antar madzhab fiqih maupun ikhtilaf yang terjadi antar ulama dalam satu madzhab bukanlah sesuatu yang tercela, selama perbedaan tersebut tidak pada bagian pokok agama dan keyakinan. Selama dalam perkara furu’i dan ijtihadi, perbedaan pendapat tersebut malah merupakan rahmat dan kemudahan bagi umat serta merupakan bagian dari kekayaan tasyri’i pada umat ini.

Adanya perbedaan pendapat di kalangan fuqaha ini juga tidak menunjukkan adanya pertentangan dalam syari’at, melainkan ini terjadi karena kelemahan manusia dalam memahami syari’at. Dan demi menghilangkan kesempitan (haraj), maka kita dibolehkan beramal dengan salah satu pendapat fuqaha yang ada.

Menurut Syaikh Dr. Wahbah az-Zuhaili, ada beberapa hal terpenting yang menjadi penyebab terjadinya perbedaan pendapat di kalangan ahli fiqih, yaitu:

1. Perbedaan memahami makna lafazh-lafazh dalam bahasa Arab
Hal ini terjadi pada lafazh yang mujmal, musytarak, atau lafazh yang diragukan termasuk lafazh yang ‘amm atau khashsh, haqiqah atau majaz, haqiqah atau ’urf,muthlaq atau muqayyad. Bisa juga disebabkan perbedaan pendapat dalam i’rab, atau perbedaan dalam memahami kata yang memiliki beragam makna, baik dalam bentukmufrad maupun murakkab.
Sebagai contoh adalah perbedaan memahami makna القرء, apakah ia berarti suci dari haid, atau sebaliknya artinya adalah haid.

2. Perbedaan dalam riwayat
Misalnya suatu hadits sampai riwayatnya kepada salah seorang fuqaha, sedangkan kepada fuqaha yang lain tidak sampai. Atau sampai kepada seorang fuqaha melalui jalan yang dha’if dan tidak bisa dijadikan hujjah, sedangkan kepada fuqaha yang lain sampai melalui jalan yang shahih, dan lain-lain.

3. Perbedaan sumber dalil
Ada beberapa dalil yang diperselisihkan oleh fuqaha kebolehannya digunakan sebagai hujjah, seperti istihsan, mashalih mursalah, qaulush shahabi, istishhab, dan lain-lain. Sangat terbuka peluang terjadi perbedaan pendapat fiqih, misalnya, antara yang menggunakan mashalih mursalah sebagai dalil dengan fuqaha yang tidak menggunakannya.

4. Perbedaan dalam kaidah-kaidah ushuli
Seperti kaidah ‘amm yang dikhususkan tidak menjadi hujjah, mafhum tidak menjadi hujjah, dan semisalnya.

5. Ijtihad dengan menggunakan qiyas
Misalnya tentang syarat-syarat dan jalan-jalan‘illat, ini membuka peluang yang besar terjadinya perbedaan pendapat. Menurut Syaikh Dr. Wahbah az-Zuhaili, perbedaan dalam menggunakan qiyas ini merupakan penyebab paling banyak terjadinya perbedaan pendapat di kalangan fuqaha.

6. Pertentangan (ta’arudh) dan pemilihan (tarjih) di antara dalil-dalil
Perbedaan pendapat di kalangan fuqaha juga banyak terjadi karena hal ini, dan bahkan melahirkan perdebatan di antara mereka. Pertentangan bisa terjadi antar nash, atau antar qiyas. Misalnya terjadi pertentangan dalam sunnah, apakah yang diterima qaul, fi’l,atau taqrir. Perbedaan pendapat juga bisa terjadi dalam memahami sifat tindakan Rasul, apakah merupakan bagian dari strategi atau fatwa. Dan banyak yang lainnya.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Sarana Belajar Hukum Islam dan Hukum Positif

0 Response to "Dr. Wahbah Az-Zuhaili: Penyebab Terjadinya Perbedaan Pendapat di Kalangan Fuqaha"

Post a Comment

Terimah Kasih Telah Berkunjung Ke blog yang sederhana ini, tinggalkan jejak anda di salah satu kolom komentar artikel blog ini! jangan memasang link aktif!