Syeikh Dr. Abdullah Al-Muthlaq: Tidak Boleh Kampanye Politik Selama Haji


Syeikh Dr. Abdullah Al-Muthlaq: Tidak Boleh Kampanye Politik Selama Haji

Syeikh Dr. Abdullah Al-Muthlaq, anggota Dewan Ulama Senior di Saudi Arabiya berfatwa tidak diperbolehkannya menggunakan slogan-slogan politik selama musim haji. Ia menjelaskan bahwa Tanah Suci tidak boleh menjadi tempat kampanye politik, karena hanya akan mengganggu ibadah haji. Demikian dilansir Al-Arabiya.net.

Syeikh Dr. Abdullah Al-Muthlaq: Tidak Boleh Kampanye Politik Selama HajiAl-Muthlaq mengatakan bahwa tidak diperboleh bagi seorang Muslim untuk mengganggu keamanan orang yang berhaji serta menjauhkan mereka dari ibadah. Pendapat ini ia keluarkan dalam menanggapi pertanyaan-pertanyaan seputar penggunaan slogan-slogan politik selama musim haji, dan apakah hal tersebut dapat mengganggu ibadah haji.

Tahun lalu, pihak pemerintah Saudi Arabiya juga telah memperingatkan agar tidak ada demonstrasi selama musim haji, setelah sebelumnya pernah terjadi pada tahun 1987 yang dilakukan oleh jamaah haji dari Iran dan menewaskan lebih dari 400 orang. Akibat insiden tersebut, akhirnya hubungan antara Saudi dan Iran menjadi tegang, dan sampai pada tahun 1991 orang-orang Iran dilarang untuk berhaji.

Di samping itu, Al-Muthlaq juga berfatwa tidak diperbolehkannya berhaji bagi jamaah yang tidak mendapatkan surat izin atau rekomendasi haji. Keputusan ini juga dikeluarkan oleh para ulama-ulama senior. Dan seluruh negara-negara Islam sudah sepakat pada keputusan KTT Islam mengenai proporsi jumlah jamaah haji tiap masing-masing negara.

Al-Muthlaq menegaskan bahwa pengaturan mengenai masalah keberangkatan haji memiliki maslahat yang besar bagi umat Islam guna mencapai ketenangan dan kenyamanan selama menjalankan ibadah haji.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

Sarana Belajar Hukum Islam dan Hukum Positif

1 Response to "Syeikh Dr. Abdullah Al-Muthlaq: Tidak Boleh Kampanye Politik Selama Haji"

  1. yang difoto itu Syaikh Abdullah Alu Syaikh, mufti agung Saudi bukan Syaikh Abdullah Al-Muthlaq

    ReplyDelete

Terimah Kasih Telah Berkunjung Ke blog yang sederhana ini, tinggalkan jejak anda di salah satu kolom komentar artikel blog ini! jangan memasang link aktif!