Meminta Sumbangan Dengan Imbalan Tahlil
Meminta Sumbangan Dengan Imbalan Tahlil
Deskripsi masalah:
Di daerah kami ada masjid yang
dibangun, karena sulitnya mencari dana untuk pembangunan masjid tersebut, maka
Ta’mir masjid mengadakan kiriman arwah / tahlil, dengan adanya catatan ada yang
menyumbang. Misalnya Bakar menyumbang Rp. 10.000,- / Rp. 20.000,- dengan adanya
penyumbang seperti itu, maka akan dibacakan tahlil. Sedangkan peletakan tahlil
tersebut tiap hari jum’at beserta Jum’atannya sekaligus, dan pembacaan tahlil
itu sesudah Adzan pertama dan menggunakan pengumuman-pengumuman, dengan
demikian membuat jalannya Jum’atan menjadi lama mengingat banyaknya jama’ah
yang mempunyai beberapa kesibukan-kesibukan. Dan dampak negatifnya ada sebagian
para jama’ah itu akhir-akhiran karena dia menyangka masih dalam pembacaan
tahlil.
Pertanyaan:
a. Bagaimana hukumnya minta sumbangan dengan
imbalan tahlil?
b. Bagaimana hukumnya tahlil yang dampak
negatifnya seperti itu?
c. Adakah cara yang lebih Afdlol untuk
peletakan tahlil tersebut?
(PP.
As-Sunniyyah Kencong Jember)
Jawaban a:
Hukum minta sumbangan dengan imbalan tahlil
tersebut boleh karena termasuk Ta’awun Alal Birri (menolong tehadap
kebajikan).
Pengambilan ibarat:
1. Ihya’ Ulumuddin Juz. I Hal. 303
1-وفى احياء علوم الدين
للإمام الغزالى ما نصه :
قال تعالى
" وتعاونوا على البر والتقوى ولا تعاونوا على الإثم والعدوان " ومعنى
التعاون الحث عليه وتسهيل طرق الخير وسد سبل الشر والعدوان بحسب الإمكان .
Jawaban b:
Hukum melakukan tahlil tersebut adalah Makruh
dan Bid’ah.
Pengambilan ibarat:
1. Syarwany Juz. II Hal. 479-480
2. Hamisy Bughyatul Mustarsyidin Hal. 102
1-وفى الشروانى للشيخ عبد الحميد الشرونى والإمام المحقق الشيخ
احمد بن قاسم العبادى ما نصه :
{ويحرم على ذى
الجمعة التشاغل} عن السعى اليها {بالبيع وغيره} من كل العقود والصنائع وغيرهما من
كل ما فيه شغل عن السعى اليها وان كان عبادة {بعد الشروع فى الأذان بين يدى الخطيب}
– الى أن قال – وخرج بالتشاغل فعل ذلك فى الطريق اليها وهو ماش أو المسجد وإن كره
فيه – الى أن قال – وبالأذان المذكور الأذان الأول لأنه حادث كما مر فلا يشمله
النص {قوله وإن كان عبادة} أى ككتابة القرآن والعلم الشرعى وتحرم خارج المسجد
وتكره فيه ع ش . {قوله وإن كره فيه} أى فى المسجد مطلقا فلا تتقيد الكراهة بهذا
الوقت ع ش عبارة المغنى لأن المسجد ينـزه عن ذلك .اهـ
2-وفى إثمد
العينين للفاضل الشيخ على باصبرين ما نصه :
{مسئلة} مؤذن
الجمعة ابتدع بدعة يوم الجمعة عند دخول الوقت وإن دخل الناس فيتقدم أمام المنبر
قبل دخول الخطيب ويطلب من الحاضرين الفاتحة لجمع من الناس بعددهم وكان ذلك يفوّت
فضيلة أول الوقت زجر عن فعله ذلك ومنع من بدعته .
Jawaban c:
Yang lebih Afdlol dilakukan setelah Sholat
Jum’at.
Pengambilan ibarat:
1. Al Fatawy Kubro Juz. I Hal. 236
1-وفى الفتاوى الكبرى
للشيخ ابن حجر الهيتمى ما نصه :
{وسئل} رضي
الله عنه هل للمعلمين فى ترك التعليم يوم الجمعة أثر .
{فأجاب} أطال
الله فى مدته حكمة ترك التعليم وغيره من الإشغال يوم الجمعة أنه يوم عيد المؤمنين
كما ورد و يوم العيد لا يناسب أن يفعل فيه الإشغال وأيضا فالناس مأمورون فيه
بالتبكير الى المسجد مع التهيء قبله بالغسل والتنظيف بإزالة الأوساخ – الى أن قال
– ولا أشك أن من خوطب بفعل هذه الأشياء كلها مع التبكير بعدها لا يناسبه شغل فكان
ذلك هو حكمة ترك سائر الإشغال يوم الجمعة هذا فيما قبل صلاة الجمعة وأما بعدها
فالناس مخاطبون بدوام الجلوس فى المساجد الى صلاة العصر لما ورد فى ذلك من الفضل
العظيم وبعد صلاة العصر لم يبق مجال للشغل على أن الناس مأمورون بالإجتهاد فى
الدعاء فى ذلك اليوم الى غروب شمسه لعل أن يصادفوا ساعة الإجابة فاتضح وجه ترك
الشغل فى ذلك اليوم جميعه .
Sumber:
Hasil Keputusan Musyawaroh Masail Diniyyah
Pondok Pesantren “ MUS “ Sarang Rembang. Tanggal 12-13 Nopember 1997 M / 1418 H
0 Response to "Meminta Sumbangan Dengan Imbalan Tahlil"
Post a Comment
Terimah Kasih Telah Berkunjung Ke blog yang sederhana ini, tinggalkan jejak anda di salah satu kolom komentar artikel blog ini! jangan memasang link aktif!