Takbiran dengan Diiringi Musik
Takbiran dengan Diiringi Musik
Diskripsi masalah:
Sering
kita jumpai pada hari raya, takbiran diiringi dengan tabuhan atau musik seperti
beduk, kentongan dan lain sebagainya.
Pertanyaan:
a. Bagaimana
hukum tabuhan tersebut?
b. Kalau
dianggap syi’ar, sampai dimanakah batasnya?
Jawaban:
a. Hukum
tabuhan untuk mengiringi takbiran tersebut dapat ditafsil:
1. Bila
memakai alat malahi (musik) yang diharamkan, maka hukumnya haram mutlak.
2. Bila
tidak memakai alat malahi yang diharamkan, maka ada tiga pendapat: haram,
makruh dan khilaful aula (bertentangan dengan keutamaan). Maka dari itu tabuhan
tersebut sebaiknya ditinggalkan, sebagaimana dijelaskan oleh imam Ibnu Hajar.
b. Tabuhan
tersebut tidak dianggap syi’ar, yang menjadikan syi’ar pada malam hari raya
adalah membaca takbir. Dan takbir itu sendiri disunatkan di mana-mana tempat.
Keterangan:
Adapun
batas-batasnya/waktu membaca takbir adalah:
1. Mulai
terbenamnya matahari pada malam hari, sampai dilaksanakannya sholat hari raya,
pada Idul Fitri (1 Syawal).
2. Setiap
selesai melakukan sholat fardlu, sunat dan sholat jenazah, mulai dari shubuh hari arofah sampai waktu Ashar pada
hari terakhir Tasyrik (13 Dzul Hijjah), untuk Idul Adlha.
1. Hujjatullohil
Balighoh, juz II, hal. 521
2. Ithafus
Sadatil Muttaqin, juz VI, hal. 464
3. Bughyatul
Mustarsyidin, hal. 284
4. As-Syarqowi,
juz I, hal. 185
5. Al-Bajuri,
juz I, hal. 227
وفى حجة الله
البالغة، ج 2 ص 521، مانصه:
(الملاهى محرم
ومباح) فالملاهى نوعان: محرم وهى الآلات المطربة كالمزامر ومباح وهو الدف والغناء
فى الوليمة ونحوها من حادث سرور. اهـ
وفى اتحاف
السادة، ج 6 ص 464، مانصه:
وفى التغنى
لاسماع نفسه ولدفع الوحشة خلاف بين المشايخ منهم من قال انما يكره ماكان على سبيل
اللهو -إلى أن قال- نعم إذا قيل ذلك على الملاهى امتنع وان كان مواعظ وحكما للآلات
لالذلك التغنى. اهـ
وفى بغية
المسترشدين، ص 284، مانصه:
واما ضرب الخشب
بعضه على بعض نقل سم حرمته كالضرب بالصفاقتين وهما قطعتا صفر تضرب احداهما على
الاخرى ويسمى الصبخى وأفتى ابن حجر بحرمة ضرب الأقلام على الصين وضرب قطعة منه على
الاخرى وبالجملة فكل ذلك اما حرام أو مكروه أو خلاف الأولى. اهـ
وفيه أيضا،
مانصه:
وأما الضرب
بالدف فصرح ابن حجر بأن المعتمد حله بلاكراهة فى عرس وختان وغيرهما وتركه أفضل.
اهـ
وفى الشرقاوى،
ج 1 ص 185، مانصه:
والتكبير أولى
ما يشتغل به لأنه ذكر الله تعالى وشعار اليوم. اهـ
وفى الباجورى،
ج 1 ص 227، مانصه:
ويكبر ندبا كل
من ذكر وأنثى وحاضر ومسافر فى المنازل و الطرق والمساجد والأسواق من غروب الشمس من
ليلة العيد أى عيد الفطر ويستمر هذا التكبير إلى أن يدخل الإمام فى صلاة العيد
-إلى أن قال- ويكبر فى عيد الأضحى خلف الصلوات المفروضة من مؤدات وفائتة وكذا خلف
راتبة ونفل مطلق وصلاة جنازة من صبح يوم عرفة إلى العصر من آخر أيام التشريق. اهـ
0 Response to "Takbiran dengan Diiringi Musik"
Post a Comment
Terimah Kasih Telah Berkunjung Ke blog yang sederhana ini, tinggalkan jejak anda di salah satu kolom komentar artikel blog ini! jangan memasang link aktif!